manfaat tenaga surya untuk rumah anda

Begini Cara Kerja Solar Water Heater pada Atap Rumah

Dewasa ini penggunaan teknologi ramah lingkungan sangat diminati masyarakat. Terutama yang berguna untuk urusan rumah tangga seperti solar water heater (pemanas air dengan tenaga surya). Solar water heater diciptakan sebagai solusi tenaga alternatif untuk kebutuhan rumah tangga.
Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik maupun gas, solar water heater menggunakan panel tenaga surya atau yang sering dikenal sebagai kolektor. Cara kerja pun memiliki perbedaan tersendiri. Dengan menghubungkan komponen-komponen tertentu barulah solar water heater bisa difungsikan

Lantas seperti apa cara kerja solar water heater?

Solar water heater menggunakan komponen yang dinamakan kolektor. Kolektor ini akan terpasang di atap rumah, gedung, atau bangunan lain. Kolektor sengaja ditempatkan pada bagian atap agar terkena sinar matahari secara langsung. Nantinya, tenaga matahari yang terkumpul bisa digunakan untuk memanaskan air.
Di sisi lain, terdapat komponen lain yakni tabung. Komponen tersebut dimanfaatkan untuk proses pemanasan air. Tabung digunakan sebagai tempat menyimpan air panas. Setelah panas, barulah air akan dialirkan menggunakan pipa.

Sistem kerja solar water heater


Tabung air panas (storage tank) merupakan komponen yang akan membantu dalam sistem kerja solar water heater. Fungsi tabung sama halnya seperti sebuah termos perabotan rumah tangga. Tabung tersebut nantinya akan disambungkan dengan panel konektor yang diletakkan di atap bangunan. Panel konektor sendiri terdiri dari plate absorber yang berfungsi sebagai ‘kompor’. Selanjutnya, plate absorber akan menjadi pipa-pipa penghubung yang mengalirkan air panas ke tabung air.
Aliran air dingin sendiri didapat melalui pipa yang dihubungkan ke tabung air dan mengalir sampai ke panel konektor dan terjadilah proses pemanasan air. Untuk suhu air panas yang ada di dalam tabung berkisar 60 derajat Celcius. Dengan adanya dorongan air dingin, maka air panas itu akan mengalir menuju ke kran. Dalam proses ini juga terdapat percampuran antara air panas dengan air dingin agar air panas yang didapat memiliki suhu yang aman dan tidak berlebihan.

Jenis Solar Water Heaterr


Selain kita mengetahui cara kerjanya, solar water heater juga terbagi dalam dua jenis yakni sistem pasif dan aktif. Solar water heater dengan sistem pasif cenderung memiliki kapasitas kecil. Biasanya jenis ini dipergunakan untuk rumah tangga. Sedangkan, solar water heater sistem aktif biasanya berkapasitas besar yang diperuntukkan bagi hotel, rumah sakit, kantor, dan sebagainya.
Dengan menggunakan solar water heater nilai atau harga rumah akan semakin tinggi. Hal ini karena properti yang menggunakan konsep ramah lingkungan memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan rumah konvensional lainnya.
Untuk informasi lengkap tentang solar water heater bisa dilihat melalui Projects Solahart Solar Water Heater dan Instagram @solahartindonesia. Pembelian langsung produk solar water heater bisa dilakukan melalui marketplace berikut: Tokopedia Blibli

Project Solahart
Pesan Disni
border-footer