Solahart Pertama Di Dunia

Keunggulan Solar Water Heater dan Perbedaannya dengan Panel Surya

Perkembangan teknologi di bidang energi saat ini semakin pesat sehingga menghasilkan banyak terobosan baru. Inovasi terbaru diantaranya adalah keberadaan panel surya dan solar water thermal. Inovasi yang tengah populer ini menjadi andalan di tengah isu krisis iklim yang disebabkan oleh emisi dari penggunaan gas dan minyak bumi. Oleh karenanya, kehadiran panel surya dan solar water thermal menjadi alternatif paling tepat untuk kebutuhan energi di masa depan.

Perbedaan Panel Surya dengan Solar Water Heater

Perlu diketahui, bahwa teknologi panel surya dengan solar water heater berbeda. Panel surya sendiri merupakan suatu teknologi yang mengubah cahaya matahari menjadi sumber energi listrik. Sedangkan, solar water heater merupakan teknologi yang mengubah energi panas matahari untuk memanaskan air. Dalam hal ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan energi gas atau minyak pada sebuah alat pemanas (kompor.
Energi matahari yang disediakan oleh alam semesta sangat jelas dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Dengan begitu, penggunaan gas dan minyak bumi menjadi berkurang. Terdapat dua komponen utama yang mendukung sistem kerja solar water heater, yaitu:
1. Tangki penyimpanan Solar water heater menggunakan tangki untuk menyimpan air yang sudah dipanaskan. Fungsi tangki ini adalah menjaga suhu air yang sudah dipanaskan melalui kolektor sebelumnya. Tangki ini menggunakan lapisan khusus untuk menjaga suhu air tetap panas atau tidak turun.
2. Kolektor Penyerap Panas Matahari Komponen berikutnya adalah kolektor penyerap panas. Kolektor merupakan bagian bidang berwarna hitam atau biru yang biasanya berada pada atap rumah. Kolektor berfungsi untuk menyerap energi panas matahari yang akan digunakan untuk memanaskan air. Umumnya, terdapat dua jenis kolektor, yakni kolektor tabung vakum dan kolektor flat.

Keunggulan Solar Water Heater

Panel surya maupun solar water heater memiliki keunggulan dibandingkan pemanas gas atau listrik. keduanya memiliki nilai ekonomis serta menciptakan lingkungan yang bersih. Berikut ada beberapa keunggulan solar water heater yang perlu Anda ketahui, diantaranya:
Hemat Biaya, dengan menggunakan solar water heater Anda bisa menghemat biaya lebih besar ketimban memakai pemanas konvensional. Penghematan bisa mencapai 95% tergantung pada model dan lokasi. Investasi Jangka Panjang, umur solar water heater terbilang cukup panjang. Solar water heater bisa bertahan untuk 5 atau lebih dari 12 tahun tergantung pada pemakaian dan kualitasnya.
Air Cepat Panas, dengan teknologi solar water heater, air dingin bisa dipanaskan lebih cepat. Panas dari sinar matahari bisa diserap dengan efisien hingga 80%.
Efisien, tidak perlu menggunakan gas atau elektrik yang umur pendek. Solar water heater bisa berumur 2 bahkan 3 kali dari pemanas air konvensional yang lebih murah.
Tahan Lama, air yang disimpan dalam tangki dapat menyimpan air panas dalam waktu yang lama. Dengan suhu mencapai 55 derajat dengan perlindungan polyurethane yang tebal sebagai isolasi pemanas, solar water heater mampu menampung air panas lebih lama.
Saat ini properti yang mengusung konsep ramah lingkungan memiliki kesan eksklusif. Oleh karena itu, dengan menggunakan solar water heater untuk rumah dapat menaikkan nilai atau harga rumah. Hal ini karena properti yang menggunakan konsep ramah lingkungan memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan rumah konvensional lainnya.
Untuk informasi lengkap tentang solar water heater bisa dilihat melalui
Projects Solahart Solar Water Heater dan Instagram @solahartindonesia.
Pembelian langsung produk solar water heater bisa dilakukan melalui marketplace berikut: Tokopedia Blibli

Project Solahart
Pesan Disni
border-footer