manfaat tenaga surya untuk rumah anda

Mengenali Perbedaan Direct dan Indirect System pada Water Heater Tenaga Surya

Water heater tenaga surya sudah jadi terobosan menarik di masa kini yang mana pemanas air ini memanfaatkan sinar matahari untuk memanaskan air yang akan digunakan di rumah. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa saja komponen yang ada di dalamnya. Inilah yang membuat orang banyak ragu dalam menggunakan water heater ini.
Masih banyak orang yang bingung ketika ditawarkan water heater tenaga surya. Biasanya Anda akan ditawarkan dengan product direct atau indirect. Tentunya, kamu akan bertanya, apa sebenarnya perbedaan dari kedua produk ini?
Umumnya, semua water heater tenaga surya memiliki dua produk yang dapat dipilih, direct dan indirect. Seperti Solahart yang memiliki dua produk indirect yang terdapat 2 tipe yaitu Solahart Free Heat Series dan Gold J Series. Sementara untuk produk direct, terdapat Solahart Super L Series dan Solahart L Series.

Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan direct dan indirect water heater tenaga surya yang belum banyak diketahui.
KELEBIHAN WATER HEATER TENAGA SURYA
1. Direct System
Secara umum, water heater tenaga surya memiliki dua sistem yang bekerja untuk membantu proses memanaskan air. Keduanya sama-sama memiliki keefektivitasan yang baik dalam membuat air panas. Dalam sistem direct, air yang akan digunakan adalah air yang digunakan sehari-hari.
Sistem kerjanya bisa seperti ini : air dingin akan masuk ke dalam tangka dan mengisi pipa tembaga pada kolektor, lalu kolektor akan menerima energi matahari dan disalurkan kembali ke dalam air dengan pipa tembaga. Dengan efek thermosphon di mana berat air panas lebih ringan dibandingkan dengan air dingin, maka air panas akan ada di posisi atas dari tangki. Siklus ini akan terjadi seterusnya hingga air akan menjadi panas.
Direct system inilah yang membuat water heater tenaga surya lebih hemat energi. Namun, kekurangannya adalah terkadang direct system ini akan membuat panas kurang merata sehingga butuh waktu untuk memastikan tingkat panas yang sesuai.
2. Indirect System
Untuk indirect system, cara kerja yang dilakukan oleh alat ini adalah memanfaatkan dua lapisan yang sudah ada di dalam tangki water heater tenaga surya. Lapisan tersebut memiliki fungsi masing-masing, yaitu :
Tangki luar
Tangki ini adalah tempat menyimpan air panas atau tempat disimpannya air yang sudah melalui proses pemanasan.
Tangki dalam
Tangka ini memiliki fungsi untuk menyimpan air yang masih dingin atau yang akan mendapatkan proses pemanasan.
Proses kerja dari sistem ini cukup sederhana, untuk bagian indirect yang dimiliki oleh Solahart, pemanasannya tidak bekerja secara langsung tapi, air yang ada di dalam tangki akan dipanaskan menggunakan cairan aquades. Lalu cairan tersebut akan bersirkulasi untuk memanaskan air yang masuk ke dalam tangki.
Cairan aquades ini sendiri sendiri adalah cairan hasil penyulingan atau biasa disebut sebagai air murni. Kegunaannya sendiri antara lain untuk mempercepat proses pemanasan air yang ada di dalam tangki.


Untuk pemilihan menggunakan water heater tenaga surya direct atau indirect tentu kembali kepada kebutuhan dan keinginan Anda. Setiap produk tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun Solahart telah menghadirkan produk yang telah disesuaikan kondisi dan kebutuhan pelanggannya. Semua produk dari Solahart telah lulus quality control yang diuji ketat sebelum sampai ke rumah Anda. Selain itu, Solahart juga memiliki kualitas terbaik sejak tahun 1953. Jadi jangan ragu untuk memakai produk dari Solahart.com

Keyword : water heater tenaga surya
Meta desc : water heater tenaga surya memiliki dua produk yaitu direct dan indirect system. Apa saja perbedaan kedua sistem ini?
Tokopedia Blibli

Project Solahart
Pesan Disni
border-footer